Uji Kemampuan Bahasa

UPT Balai Bahasa UNP memberikan layanan tes kemampuan berbahasa asing kepada sivitas akademika UNP maupun masyarakat umum sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan maupun atas permintaan klien.

Jenis layanan tes yang diberikan antara lain :

Tes TOEIC Prediction: Tes TOEIC (Tes of English for International Communication) adalah tes kemampan berbahasa Inggris untuk komunikasi bagi yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Tes TOEIC di desain secara spesifik untuk mengevaluasi kemampuan Bahasa Inggris seseorang dalam kegiatan non akademik (berbisnis, perdagangan dan industri).

Tes TOEIC membutuhkan waktu sekitar 2 jam, yang terdiri dari 200 pertanyaan yang terbagi menjadi 2 sesi yaitu; sesi mendengarkan ( Listening) dan sesi membaca (Reading). Tes TOEIC biasanya diambil oleh:

  1. Karyawan yang menggunakan Bahasa Inggris di lingkungan kerja seperti; bisnis, hotel, rumah sakit, restoran, konferensi, dan program olah raga.
  2. Staf manajemen, sales, dan karyawan bagian teknik dalam bisnis internasional, perdagangan dan industri.
  3. Para calon peserta pelatihan yang akan dilakukan dalam Bahasa Inggris.
  4. Para kandidat dalam proses promosi jabatan.

Tes TOEFL Prediction:  Test of English as a Foreign Language adalah tes yang bertujuan mengukur kemampuan Bahasa Inggris non penutur Bahasa Inggris. Secara spesifik, tes TOEFL diambil untuk mengevalauasi kemampuan Bahasa Inggris bagi mereka yang bertujuan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau untuk mengikuti program pertukaran pelajar dan peraihan beasiswa di USA & Amerika Selatan.

Tes ini membutuhkan waktu 1,5 sampai dengan 2 jam yang terdiri dari 3 sesi yaitu; Listening Comprehension, Structure and Written Expression, Reading Comprehension.

Tes IELTS Prediction: Tes IELTS Prediction adalah tes yang bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan bahasa Ingris bagi mereka yang ingin mengambil kursus IELTS sebagai persiapan untuk mengikuti tes Internasional IELTS. Tes IELTS Prediction bisa dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah tersedia atau berdasarkan kesepakatan antara UPT Balai Bahasa UNP dengan calon peserta kursus.

Tes IELTS Prediction adalah tes yang didesain untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris bagi mereka yang akan belajar atau bekerja dimana bahasa Inggris adalah bahasa yang dipakai untuk komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Tes ini merupakan syarat jika seseorang akan meneruskan studi, ijin tinggal atau bekerja di United Kingdom, Australia, Kanada, New Zealand dan USA.

Untuk penyelenggaraan tes bersertifikat resmi international saat ini Balai Bahasa UNP sedang dalam proses kerjasama dengan lembaga pemengang ijin internasional.